Sambut World CleanUp Day (WCD) di Desa Tegalombo

Administrator 07 September 2018 10:06:12 WIB

Bukan hal baru jika sampah plastik merupakan masalah lingkungan yang sangat serius, baik di lingkungan kota kecil, perdesaan dan terutama di kota besar. Dalam menyikapi hal tersebut, Pemerintah Desa Tegalombo telah berupaya dan mengambil beberapa langkah untuk memberdayakan  masyarakat supaya peduli dengan  dampak yang di timbulkan oleh sampah plastik tersebut. Upaya itu antara lain berupa sosialisasi awal yang dikemas dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kelompok Perempuan dengan tema Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang dilaksanakan pada hari Rabu (05/09) kerjasama antara Pemerintah desa Tegalombo dan  Tim Penggerak PKK Desa beserta anggotanya .

Acara berlangsung sejak pukul 09.30 di Balai Desa Tegalombo yang menghadirkan narasumber dari Aktivis lingkungan hidup Jawa Timur. Dalam paparannya salah satu narasumber menuturkan bahwa membakar sampah plastik bukanlah sebuah solusi, tapi justru memepercepat partikel kimia berupa zat dioksin masuk dan meracuni tubuh serta lingkungan sehingga sangat berbahaya.Beliau juga memberikan salah satu solusi dengan membuat Ecobrick. Yaitu dengan memasukkan sampah plastik ke dalam botol bekas sampai padat dan dipakai untuk membuat meja, kursi dan lain-lain.

Pada hari itu juga, peserta langsung mencoba membuat Ecobrick dengan antusias. “Semoga hal ini menjadi awal yang bagus untuk penanganan sampah di Desa Tegalombo” demikian kata Korina Rismayanti salah satu Perangkat Desa Tegalombo.

Untuk langkah selanjutnya, Pemerintah Desa Tegalombo berencana membuat sarasehan dan pembersihan sampah di lingkungan pasar Grindulu  Desa Tegalombo yang bersamaan dengan kegiatan Word CleanUp Day (WCD) Internasional  yaitu pada hari Sabtu  15 September  2018 dan kegiatan di Desa Tegalombo ini merupakan WCD di tingkat Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini akan didukung penuh oleh Pemda Pacitan, SKPD terkait baik ditingkat kabupaten maupun kecamatan serta semua elemen masyarakat, LSM, ormas dan terutama warga sekitar lokasi kegiatan.

Komentar atas Sambut World CleanUp Day (WCD) di Desa Tegalombo

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tegalombo

tampilkan dalam peta lebih besar